Home berita Pamekasan Kembali jadi Mitra Pelatihan Digital Kemenkominfo RI, Pemkab Siapkan 4 Tempat

BERITA

Pamekasan Kembali jadi Mitra Pelatihan Digital Kemenkominfo RI, Pemkab Siapkan 4 Tempat

Senin, 22 Mei 2023 | Kategori: Kabupaten Pamekasan (UMUM)
--thumbnail--

Pemkab Pamekasan- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI melalui Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Pelatihan (BPSDMP) Surabaya kembali memilih Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur sebagai mitra pelatihan digital talent scholarship (DTS) skema goverment transformation academy (GTA).

Sekretatis Daerah (Sekda) Pamekasan, Masrukin menyampaikan, pelatihan digital di tengah majunya revolusi industri menjadi keniscayaan bagi masyarakat. Utamanya aparatur sipil negara (ASN) atau non ASN yang bekerja di instansi pemerintahan, baik pusat, provinsi atau lembaga pemerintahan di daerah agar senantiasa mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman.

"Dengan kemajuan teknologi ada dua dampak, negatif dan positif tentang teknologi saat ini. Mulai dari berita apapun yang mungkin bisa kita lihat pada sosial media, banyak sekali informasi yang bermanfaat bagi kita untuk bisa memaksimalkan segala aktifitas yang ada saat ini," katanya saat memberikan sambutan dalam acara pembukaan di Mandhapa Aghung Ronggosukowati, Senin (22/5/2023).

Menurutnya, selain dampak positif tentu ada juga dampak negatif yang harus menjadi perhatian bersama, Salah satunya adanya penyalahgunaan teknologi oleh berbagai kalangan yang dapat merugikan orang lain. Oleh karena, pelatihan seperti ini penting dilakukan untuk meminimalisir dampak negatif tersebut.

"Kegiatan pelatihan seperti ini sangat penting untuk diikuti oleh semua pihak, baik masyarakat secara umum, lebih-lebih para aparatur sipil negara (ASN) yang mempunyai tanggungjawab besar sebagai abdi masyarakat atau abdi negara. Karena pelatihan seperti ini sangat membantu penerapan digitalisasi di pemerintahan," tandasnya.

Mantan Sekretaris DPRD Pamekasan ini menjelaskan, GTA merupakan program pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang bertujuan meningkatkan kompetensi ASN, TNI, Polri, untuk mendukung akselerasi transformasi digital di lembaga pemerintahan. Mempercepat transformasi digital di lingkungan instansi pemerintahan dalam rangka penguatan kelembagaan.

"Pada tahun 2023, GTA menargetkan 5000 orang peserta, khusus di Kabupaten Pamekasan kegiatan ini sudah kedua kalinya. Makanya, kami sampaikan terima kasih kepada BPSDMP Kominfo Surabaya atas perhatiannya kepada Pemkab Pamekasan," ungkapnya.

Mantan Kepala Satpol PP Pamekasan ini juga mengungkapkan, Kabupaten Pamekasan juga menjadi tiga daerah prioritas di Indonesia dalam pelaksaan pelatihan berbasis digital ini selain Kabupaten Magetan, dan Lombok Tengah. Sehingga, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada BPSDMP Kominfor Surabaya atas kepercayaannya selama ini demi keberlangan tugas pemerintahan.

Pihaknya akan menyiapkan empat ruangan khusu pelatihan digital, masing-masing Gedung TIK Terpadu Dinas Komunikasi dan Informastika (Diskominfo) Pamekasan, Ruang Rapat Lantai II Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah, Ruang pertemuan dinas perindustrian dan perdagangan (disperindag), dan terakhir ruang CAT badan kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia (BKPSDM).

"Pesan kepada peserta pelatihan DTS skema GTA 2023 untuk bisa diikuti dengan baik dan seksama mengingat kegiatan ini cukup bagus dan sangat representatif menunjang terhadap kegiatan kita sehari-hari yang berhubungan langsung dengan teknologi informasi dalam akselerasi pelaksanaan tugas sebagai ASN," pesannya.

Kontak Kami

Jl. Jokotole Gg. IV No. 1, Kel. Barurambat Kota, Kec. Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69317

Telp: (0324) -

fax: (0324) -

email: diskominfo@pamekasankab.go.id

Map