Home berita Bimtek Penyusunan Metadata & Desk Kebutuhan Data Berbasis IKU

BERITA

Bimtek Penyusunan Metadata & Desk Kebutuhan Data Berbasis IKU

Jumat, 15 Oktober 2021 | Kategori: Statistik
--thumbnail--

Pamekasan, Rabu 13 & 14  Oktober 2021, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pamekasan, Bidang Statistik menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Metadata  Indikator dan Desk kebutuhan Data berbasis Indikator Kinerja Utama (IKU) RPJMD Kabupaten Pamekasan, yang merupakan upaya untuk mewujudkan tata kelola data yang baik sebagaimana diharapkan dalam Sistem Satu Data Indonesia. Bimtek ini berlangsung selama dua hari dari tanggal 13 – 14 Oktober 2021, bertempat di Hotel Cahaya Berlian jl. Panglegur yang dibuka oleh Kepala Dinas Kominfo Ir. MOHAMAD, MM. Dalam sambutannya disampaikan bahwa peran Forum Satu Data Kabupaten yang terdiri dari Dinas Komunikasi dan Informatika (walidata) dan Badan Pusat Statistik (Pembina Data) dan BAPPEDA (Sekretariat Forum Sata) sangatlah penting untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas, masyarakat yang sangat mengerti akan Data.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 Pasal 2, pengaturan satu data indonesia bertujuan untuk mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggung jawabkan serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah melalui pemenuhan standar data, metadata, interoperabilitas data dan menggunakan kode referensi dan data induk.

Bimtek Statistik ini diikuti oleh sejumlah ASN perwakilan dari perangkat daerah (produsen data) di lingkup Pemerintah Kabupaten Pamekasan. Adapun narasumber pada kegiatan ini adalah Handoyo Wijoyo, S.ST dan Marselinus Wahyu Pamungkas, S.ST yang berasal dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Pamekasan.

Bimtek diarahkan untuk kesiapan pengisian metadata indikator dan metadata variabel pada data berbasis Indikator Kinerja Utama (IKU) RPJMD Kabupaten Pamekasan sebagai produk administrasi statistik sektoral. Pembinaan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan kualitas SDM dalam rangka pengelolaan data sektoral pada Produsen Data terhadap penyelenggaraan Statistik Sektoral di Kabupaten Pamekasan.

Kontak Kami

Jl. Jokotole Gg. IV No. 1, Kel. Barurambat Kota, Kec. Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur 69317

Telp: (0324) -

fax: (0324) -

email: diskominfo@pamekasankab.go.id

Map